Buku Hibah: Pengetahuan Produk dan Konsep Harga


Ini salah satu karya yang kami dedikasikan untuk Kampus tercinta kami Telkom University Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Program Studi Administrasi Bisnis. Sebuah karya yang belum ada apa-apanya dibandingkan karya-karya lain, namun sama visinya yaitu demi mencerdaskan anak bangsa dan menjadi pedoman bagi banyak orang baik akademisi maupun praktisi.

Berbekal ilmu yang seadanya saya dan Ibu Dra. Ai Lili Yuliati., MM mencoba menuangkan ilmu yang kami pelajari dan akan kami bagikan kepada mahasiswa kami melalui sebuah buku pemula yang kami harapkan memiliki makna yang luar biasa. Buku ini kami buat mulai tahun 2016 awal bulan dan hingga akhir tahun diharapkan sudah bisa publish. Suka duka kami lewati bersama mulai dari menuliskan konten, merevisi, menghubungi publisher, kirim bolak balik buku karena salah penulisan dll. Dan hingga kini buku ini mulai akan bisa dinikmati. Kenapa saya bilang mulai akan bisa ? karena buku ini masih dalam proses revisi untuk sekian kalinya. Dan kami harapkan sudah bisa rampung bula Desember 2016.

20161121_122505-1_resized_1.jpg

Buat teman, rekan yang ingin mempelajari seluk beluk buku ini kami persilahkan. Berikut kami berikan kata pengantar Buku ini yang semoga menarik hati para pembaca.

Kata Pengantar

Dewasa ini, konsumen makin dimanjakan dengan berbagai macam produk yang ditawarkan oleh produsen atau perusahaan, terutama dengan semakin berkembangnya teknologi serta informasi yang ada. Belum lagi makin bertambahnya tingkat persaingan yang ada mengakibatkan tidak hanya pertambahan produsen didalam persaingan bisnis tetapi juga pertambahan variasi produk yang ditawarkan serta variasi harga yang dibuat semenarik mungkin untuk menarik minat konsumen. Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa semakin hari, persaingan antar perusahaan makin ketat. Oleh karena itu produsen pada masa sekarang dituntut harus semakin kreatif dan inovatif dalam membuat suatu produk agar meningkatkan selera konsumen untuk memutuskan suatu pembelian. Pengetahuan produsen tentang produk itu sendiri dibutuhkan untuk dapat memenuhi keinginan konsumen dengan tepat dan dapat memberikan profit berkepanjangan bagi produsen. Produk yang dihasilkan oleh perusahaan dapat berupa barang ataupun jasa. Ketika perusahaan menawarkan produknya kepada masyarakat, perusahaan harus memiliki keyakinan bahwa produk yang akan diluncurkan itu memang dirancang untuk dapat memuaskan keinginan konsumen. Oleh karena itu, proses merancang sebuah produk, bukan sekedar menyangkut penentuan manfaat apa yang akan dipenuhi, melainkan juga menyangkut keputusan desain produk, nama merek, jaminan, citra produk dan layanan konsumen. Perusahaan berusaha mendefinisikan benefit yang akan disampaikan kepada konsumen dalam hal mengembangkan produk dan jasa

Selain pengetahuan mendalam tentang produk, produsen juga dituntut memberikan harga yang kompetitif agar dapat memenangkan persaingan yang ada. Sehingga pengetahuan produk dan konsep harga menjadi hal yang penting untuk dipelajari. Dalam masyarakat ekonomi, sistem harga berperan dalam mengalokasikan setiap sumber daya (produk/jasa) dalam rangka memaksimalkan kesejahteraan masyarakat. Harga menjadi sebuah tuntunan tentang bagaimana produk/jasa seharusnya dapat digunakan. Menentukan besaran harga suatu produk atau jasa (pricing) yang akan ditawarkan kepada konsumen bukan merupakan hal yang mudah. Oleh karena itu dalam buku ini akan dijelaskan secara detil mengenai pengembangan produk dan juga konsep harga serta bagaimana strategi yang harus dilakukan oleh perusahaan agar dapat memenangkan hati konsumen dan juga persaingan yang ada. Tidak hanya pendekatan filosofis yang membahas teori serta kajian-kajian terkait, dalam buku ini juga akan diberikan pendekatan praktis terkait bagaimana implementasi yang ada dalam dunia bisnis saat ini. Sehingga diharapkan pembaca mendapatkan pemahaman menyeluruh terkait pengetahuan produk dan konsep harga.

Selesainya penulisan buku ini tidak lepas dari bantuan dan juga dukungan banyak pihak. Kami mengucapkan yang terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh rekan Telkom University yang sudah berkenan memberikan masukan, review serta informasi-informasi aktual terkait materi yang kami sajikan.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *