Kompetisi Pertamina Ide Gila


unnamed

TENTANG KOMPETISI

Pertamina Ide Gila Energy Competition 2017 adalah sebuah kompetisi inovasi seputar ide bisnis, terobosan produk, dan penerapan teknologi yang bertemakan New & Renewable Energy atau Energi Baru & Terbarukan (NRE), yang dapat memberi dampak positif terhadap sosial dan ekonomi bangsa Indonesia.

Kompetisi ini merupakan wadah untuk mengeksplorasi dan mengembangkan ide inovatif karya anak bangsa terkait new & renewable energy / bisnis energi baru dan terbarukan (NRE) melalui sarana mentoring hingga pendanaan, sehingga ide inovatif dari pemenang kompetisi ini pada akhirnya nanti bisa direalisasikan untuk menjadi sebuah model bisnis energi yang mampu dikembangkan dan diimplementasikan sebagai pengganti energi konvensional di Indonesia.

Para peserta dalam kompetisi yang terdiri dari para pelajar, profesional (akademisi, peneliti, praktisi, pekerja) dan entitas bisnis (Start-up) ini akan ditantang untuk menciptakan ide dan konsep bisnis inovatif terkait energi baru dan terbarukan.

HADIAH

Jadilah pelopor Ide Gila untuk ketahanan energi nasional, dan menangkan hadiah berikut untuk setiap masing-masing kategori kompetisi.

 

JUARA PERTAMA

Uang tunai Senilai
Rp.101.000.000,-

JUARA KEDUA

Uang tunai Senilai
Rp.85.000.000,-

JUARA KETIGA

Uang tunai Senilai
Rp.67.000.000,-

PARA JURI

KATEGORI KOMPETISI

 

IDE BISNIS INOVATIF

Ide mengenai inovasi bisnis seputar NRE yang akan memberikan dampak positif terhadap sosial dan ekonomi. Ide bisnis tersebut juga harus dilengkapi dengan bisnis model dan rancangan bisnis yang menggambarkan competitiveness serta harus sesuai dengan kondisi regulasi maupun perkembangan teknologi saat ini

TEROBOSAN PRODUK & TEKNOLOGI

Ide yang dapat menciptakan produk NRE sebagai solusi untuk ketahanan energi nasional yang berdampak positif bagi lingkungan, sumber daya manusia dan bisnis. Selain inovatif, ide juga dapat diukur secara pengembangan bisnis dan perkembangan teknologi kedepannya, serta mampu menghasilkan konservasi energi yang dapat direplikasi dalam skala komersil.

KRITERIA PENILAIAN

 

KATEGORI IDE BISNIS INOVATIF

  1. Bisnis NRE (New & Renewable Energy/ Energi Baru dan Terbarukan) yang dikembangkan sejalan dengan Visi Pertamina sebagai perusahaan energi
  2. Originalitas bisnis model
    Bisnis model yang didaftarkan merupakan ide yang belum pernah di-implementasikan di Indonesia, ide yang berupa modifikasi dari ide bisnis yang sudah ada, atau ide yang benar-benar baru.
  3. Dampak bisnis dan sosial
    Ide memiliki dampak positif (ekonomi dan non-ekonomi) bagi perusahaan dan masyarakat
  4. Identifikasi Market opportunity
    Ide bisnis yang mampu mengidentifikasi jangkauan pasar yg dilayani, jelas target pasarnya dan mudah untuk di-replikasi
  5. Potensi keberhasilan jangka panjang
    Berdasarkan skenario bisnis 5 – 10 tahun ke depan yang menunjukkan pertumbuhan dan keberlanjutan bisnis

 

KATEGORI TEROBOSAN PRODUK DAN TEKNOLOGI

  1. Terobosan Produk dan Teknologi NRE (New & Renewable Energy/ Energi baru dan Terbarukan) yang inovatif dan dapat direplikasi dalam skala besar, sebagai solusi atas ketahanan energi nasional, namun tidak terbatas pada hasil karya cipta berupa alat/instrument/piranti/bahan/material/proses/teknologi yang terkait dengan NRE (New & Renewable Energy/ Energi Baru dan Terbarukan).
  2. Aspek orisinalitas produk dan teknologi yang akan dikembangkan
  3. Produk dan teknologi memiliki dampak positif bagi sektor bisnis dan masyarakat
  4. Memiliki strategi pengembangan produk yang jelas dalam proses implementasinya

 

ROADSHOW

Nantikan kehadiran kami dikotamu dan siapkan ide gila terbaikmu

 

24 Januari 2017

Bandung

7 Februari 2017

Makassar

14 Februari 2017

Surabaya

21 Februari 2017

Jakarta

SYARAT & KETENTUAN

Sebelum kamu ikut serta dalam kompetisi #IdeGila, pastikan kamu telah membaca dan memahami syarat dan ketentuan yang berlaku.

 

Pertamina Ide Gila Energy Competition 2017 merupakan suatu kompetisi Karya Cipta (selanjutnya disebut “Ide Gila”) terkait dengan pengembangan NRE( New & Renewable Energi/ Energi Baru dan Terbarukan) di Indonesia. Dengan melakukan pendaftaran sebagai peserta Pertamina Ide Gila Energy Competition 2017, berarti ANDA menyatakan menyetujui untuk mematuhi seluruh syarat dan ketentuan yang di atur dibawah ini, juga dengan tidak mengabaikan aturan hukum yang berlaku di Indonesia.

  1. TAHAPAN KOMPETISI

    Pertamina Ide Gila Energy Competition 2017 akan dimulai pada tanggal 15 Desember 2016 dengan runtutan kegiatan sebagai berikut:

    No Tanggal Kegiatan
    1. 11 Mar 2017 Pengumuman Finalis tahap  I
    Kandidat finalis telah disortir oleh pihak juri screening dan akan diumumkan baik via website dan email.
    2. 13-17 Mar 2017 Deadline perbaikan proposal tahap II
    Kandidat finalis akan diminta melakukan perbaikan proposal sesuai dengan permintaan dewan juri yang akan di informasikan melalui email yang terdaftar.
    3. 20 Mar 2017 Pengumuman finalis tahap II
    Kandidat finalis adalah yang telah disortir oleh team juri screening dengan perbaikan proposal yang telah diminta oleh team juri dan berhak mengikuti sesi coaching clinic.
    4. 24-26 Mar 2017 Coaching Clinic
    Pada sesi ini, tiap semi finalis akan dimobilisasi ke lokasi coaching clinic. Para peserta akan ditanggung baik transportasi, akomodasi serta uang saku selama proses mentoring
    5. 2 Apr 2017 Pengumuman Finalis Tahap III
    finalis sudah dipilih berdasarkan hasil penyempurnaan proposal, sesuai dengan hasil mentoring yang dilakukan saat coaching clinic
    6. 5 Apr 2017 Presentasi Tatap Muka dan Interview
    Finalis akan diundang untuk mengikuti sesi presentasi langsung di hadapan para juri utama.
    7. 29-30 Apr 2017 Grand Final Exhibition
    Acara puncak pengumuman pemenang Pertamina Ide Gila Energy Competition 2017.
  2. KATEGORI KOMPETISI

    Terdapat 2 (dua) kategori dalam kompetisi ini sebagai berikut:

    1. IDE BISNIS INOVATIFIde Gila yang disampaikan pada kategori ini merupakan suatu ide bisnis yang orisinal terkait pengembangan NRE di Indonesia dengan target pengembangan jangka panjang dan memiliki target pasar yang jelas.
    2. TEROBOSAN PRODUK DAN TEKNOLOGIIde Gila yang disampaikan pada kategori ini adalah hasil Karya Cipta orisinal yang dapat berupa namun tidak terbatas pada alat/instrument/ piranti/bahan/material/proses/teknologiyang terkait dengan NRE, dapat direplikasi dalam skala yang memadai dan memiliki manfaat sebagai solusi atas ketahanan energy nasional.

    Selain hal di atas, setiap Ide Gila yang disampaikan juga akan dinilai dengan kriteria sebagai berikut: Sejalan dengan Visi Pertamina, memiliki dampak positif secara ekonomi maupun non ekonomi, dan juga mudah dalam proses implementasi.

  3. KATEGORI & PERSYARATAN PESERTA

    1. KATEGORI PESERTAPara peserta dapat mendaftarkan diri sebagai peserta, dengan memilih salah satu dari 3 (tiga) kategori kepesertaan di bawah ini, keikutsertaan dalam lebih dari satu kategori tidak diperkenankan dan akan menyebabkan peserta didiskualifikasi.

      Kategori peserta adalah sebagai berikut:

      1. Individu / Perorangan
      2. Grup / Kelompok maksimal 2 (dua) orang
      3. Entitas Bisnis
    2. PERSYARATAN PESERTA
      1. Individu / Perorangan
        • Individu / Perorangan mengikuti Pertamina Ide Gila Energy Competition 2017 sesuai kapasitas sebagai individu.
        • Peserta harus berusia minimal 15 tahun pada tanggal pendaftaran dibuktikan dengan Identitas dan harus menerima seluruh Syarat & Ketentuan.
      2. Grup / Kelompok
        • Peserta dapat membentuk Grup dengan maksimal terdiri dari 2 (dua) orang.
        • Setiap anggota grup harus berusia minimal 15 tahun pada tanggal pendaftaran dibuktikan dengan Identitas.
        • Setiap anggota grup harus menerima seluruh Syarat & Ketentuan
        • Pertamina berhak mendiskualifikasi Grup jika salah satu anggota tidak memenuhi syarat & ketentuan.
        • Peserta Grup harus menujuk 1 (satu) orang sebagai Team Leader untuk contact person dan tujuan administratif Pertamina Ide Gila Energy Competition 2017 termasuk salah satunya adalah melakukan submit formulir secara online.
      3. Entitas Bisnis
        • Entitas Bisnis harus memasukkan nama Legal Business Organizations.
        • Entitas Bisnis telah beroperasi maksimum 2 tahun, memiliki revenue tidak lebih dari Rp 5 Milyar pada tahun 2016 dan belum pernah memperoleh pendanaan dari pihak manapun dengan nilai diatas Rp 2.5 Milyar.
        • Entitas Bisnis menunjuk salah satu anggota individu sebagai contact person untuk tujuan administrasi.
        • Contact Person yang ditunjuk akan bertanggung jawab dalam melakukan pendaftaran online Pertamina Ide Gila Energy Competition 2017 atas nama Entitas Bisnis dan harus menerima seluruh Syarat & Ketentuan

        Catatan Penting untuk Entitas Bisnis:

        Dengan mengirimkan/mensubmit Ide Gila melalui Pertamina Ide Gila Energy Competition 2017, Anda mewakili dan menjamin bahwa Anda sebagai Kontak Hubung dari Entitas Bisnis :

        1. Merupakan perwakilan resmi dari Entitas Bisnis dan mengirimkan ide atas nama Entitas Bisnis tersebut.
        2. Telah memperoleh seluruh persetujuan yang diperlukan dari Entitas Bisnis untuk mengikuti Kompetisi berdasarkan Syarat dan Ketentuan.
      4. Pertamina Ide Gila Energy Competition 2017 ini tidak terbuka untuk
        • Karyawan PWTT, PWT, Outsourcing dan Vendor yang dikontrak atau memiliki kerjasama dengan Pertamina.
        • Profesional yang terlibat dalam administrasi atau penyelenggaraan dari Pertamina Ide Gila Energy Competition 2017.
        • Pertamina berhak untuk membatalkan partisipasi dalam Pertamina Ide Gila Energy Competition 2017 untuk setiap peserta yang tidak mematuhi atau memenuhi persyaratan dan ketentuan ini.
  4. CARA PENDAFTARAN

    Untuk mendaftar dalam kompetisi ini, peserta harus mengakses situs pertaminaidegila.com selama periode kompetisi, melengkapi formulir pendaftaran online Pertamina Ide Gila Energy Competition 2017 dengan akurat dan benar, serta menerima seluruh Syarat dan Ketentuan.

  5. SYARAT DAN KETENTUAN TERKAIT IDE GILA YANG DIIKUTKAN

    Ide Gila yang di submit harus memenuhi kategori yang diperlombakan, sebagai berikut:

    1. Peserta dapat mengirimkan maksimal 2 (dua) Ide Gila baik sebagai Individu, Group dan Entitas Bisnis
    2. Ide Gila yang di submit harus sesuai formulir dan harus diserahkan dalam Bahasa Indonesia.
    3. Ide Gila yang sudah di submit tidak dapat dibatalkan, dihapus atau dicabut oleh Peserta.
    4. Ide Gila yang di submit apabila diduga melanggar hak kekayaan intelektual atau ketentuan hukum maka dianggap tidak memenuhi syarat.
    5. Seluruh peserta menanggung semua risiko rusak, hilang, terlambat, tidak lengkap, tidak sah, benar atau salah dalam melakukan submit Ide Gila melalui website di atas.
    6. Pertamina tidak berkewajiban untuk menggunakan atau melanjutkan Ide Gila yang sudah di submit dalam Pertamina Ide Gila Energy Competition 2017.
    7. Bagi Karya yang berhasil terpilih sebagai pemenang dalam kompetisi ini maka Pertamina memliki hak pertama (namun tidak berkewajiban) untuk bekerjasama terkait penggunaan atau komersialisasi dari karya tersebut dalam periode 2 (dua) tahun setelah keputusan pemenang.
    8. Pertamina berhak untuk mendiskualifikasi dan/atau menghapus data dan formulir yang di submit oleh Peserta sebagai kebijakan tunggal dan mutlak.
    9. Tidak ada dalam syarat dan ketentuan yang harus mensyaratkan Pertamina untuk memantau atau mengedit situs atau data yang di submit untuk konten yang menyinggung atau tidak pantas. Meskipun sebelumnya, Pertamina dapat menolak atau menghapus dari situs setiap data yang di submit yang mungkin dianggap, menyinggung pihak dan/atau golongan tertentu, memfitnah, memiliki konten seksual, ilegal, berbahaya, melanggar penggunaan situs dan/atau privasi menurut kebijakan Pertamina.
  6. PERNYATAAN DAN JAMINAN

    Dengan mengikuti Pertamina Ide Gila Energy Competition 2017, Peserta menyatakan dan menjamin sebagai berikut:

    1. Semua informasi pendaftaran yang di sampaikan adalah benar dan akurat
    2. Khusus untuk Individu & Grup : Tidak ada orang atau entitas selain Anda/Grup Anda yang memiliki hak dan kepentingan apapun di bagian manapun dari Ide yang Anda/Grup Anda submit.
    3. Khusus untuk Entitas Bisnis maka kontak hubung Entitas Bisnis adalah :
      1. Perwakilan resmi dari Entitas Bisnis
      2. Perwakilan mengirimkan data dan formulir Pertamina Ide Gila Energy Competition 2017 atas nama Entitas Bisnis
      3. Telah memperoleh semua yang diperlukan perusahaan dan persetujuan lainnya dari Badan Usaha, sebagai organisasi, untuk mengikuti Kontes yang seperti diatur dalam Syarat dan Ketentuan.
    4. Tidak ada pihak lain yang berhak untuk mengklaim royalti dari penggunaan Ide Gila yang telah di submit.
    5. Setiap Ide yang di submit tidak dan tidak akan melanggar hak-hak pihak atau entitas lain termasuk namun tidak terbatas pada Intellectual Property Right, pencemaran nama baik, privasi, publisitas, penyalahgunaan, kerahasiaan, atau kontrak atau hak lainnya.
    6. Seluruh Ide Gila yang di submit dalam Pertamina Ide Gila Energy Competition 2017 adalah karya asli Anda, dan Anda memiliki semua hak, lisensi, izin dan persetujuan yang diperlukan untuk mengirimkan Ide tersebut dan untuk memberikan semua hak yang terkait dengannya
    7. Ide yang di submit dalam Pertamina Ide Gila Energy Competition 2017, tidak berisi konten yang tidak sesuai dengan yang diizinkan oleh Syarat dan Ketentuan, termasuk namun tidak terbatas untuk konten yang melanggar hukum, berbahaya, mengancam, kasar, melecehkan, memfitnah, mencemarkan nama baik, mengganggu privasi orang lain, vulgar, tidak senonoh, dan menyinggung SARA.
    8. Anda tidak akan mengunggah, atau mengirimkan Ide atau konten yang mengandung virus, backdoor, malware, spyware, worm, atau kode komputer lainnya atau file yang dirancang untuk mengganggu, kerusakan, atau membatasi fungsi dari perangkat lunak atau perangkat keras.
    9. Anda tidak mengirimkan apapun yang melanggar unsur hak kerahasiaan, hak kepemilikan dan informasi rahasia terkait perdagangan lainnya.

      Hak Kekayaan Intelektual adalah padanan kata yang biasa digunakan untuk Intellectual Property Rights (IPR), yakni hak yang timbul bagi hasil olah pikir yang menghasikan suatu produk atau proses yang berguna untuk manusia. Pada intinya HKI adalah hak untuk menikmati secara ekonomis hasil dari suatu kreativitas intelektual. Objek yang diatur dalam HKI adalah karya-karya yang timbul atau lahir karena kemampuan intelektual manusia yaitu :

      • Hak cipta dan hak-hak lain yang terkait dengan karya-karya penulis di seluruh dunia, termasuk namun tidak terbatas pada hak cipta, hak moral dan semua hasil karya turunannya
      • Merek, nama dagang dan hak yang sama
      • Perdagangan Hak Rahasia
      • Paten, desain, algoritma, model utilitas, dan hak kekayaan industri lainnya, dan semua perbaikan kedalamnya
      • Semua hak kekayaan intelektual dan industri lainnya apakah yang timbul karena hukum, kontrak, lisensi, atau sebaliknya; dan
      • Semua pendaftaran, aplikasi, perpanjangan, ekstensi, lanjutan, divisi, atau reissues daripadanya sekarang atau selanjutnya berlaku (termasuk hak dalam salah satu sebelumnya).
      • Lisensi, izin dan persetujuan yang terkait dengan semua hal di atas.
    10. Pertamina memilki hak dan kebijakan sendiri untuk mengakhiri, memodifikasi , atau menunda Pertamina Ide Gila Energy Competition 2017 serta Syarat dan Ketentuan untuk alasan apapun, setiap saat dan tanpa kewajiban apapun.
  7. Ijin / Batasan

    Dengan mengirimkan Karya tersebut, Anda memahami, mengakui dan menyetujui berikut:

    1. Maksud dari Pertamina Ide Gila Energy Competition 2017 ini adalah untuk mendorong individu dan perusahaan untuk mendiskusikan ide-ide dan inovasi dengan Pertamina. Berpartisipasi dalam ini Pertamina Ide Gila Energy Competition 2017 tidak menciptakan kewajiban di kedua belah pihak (Anda atau Pertamina) untuk masuk ke dalam hubungan bisnis atau untuk menandatangani kerjasama komersial apapun.
    2. Syarat dan Ketentuan ini tidak mengharuskan Anda untuk bernegosiasi atau melakukan bisnis dengan Pertamina. Anda tetap bebas untuk mendiskusikan Karya Anda dengan pihak lainnya, dan untuk melakukan diskusi dengan pihak ketiga lainnya mengenai subjek terkait karya
    3. Anda memberikan kepada Pertamina dan afiliasinya hak yang tidak dapat ditarik kembali serta bebas royalti untuk:
      • Menggunakan, melakukan review, menilai, menguji, mengevaluasi, menganalisis atau mempertimbangkan Ide Gila Anda dan semua isinya sehubungan dengan pelaksanaan kompetisi
      • Menggunakan Ide Gila Anda dan semua konten sehubungan dengan pemasaran atau promosi kompetisi di semua media yang sudah dikenal maupun yang akan dikembangkan.
    4. Anda memahami bahwa pengunjung website akan dapat mengakses informasi termasuk di dalamnya adalah Ide Gila yang anda sampaikan.
    5. Anda memahami bahwa Pertamina dan/atau Afiliasinya mungkin telah atau sedang dalam tahap pengembangan produk, layanan, atau solusi yang yang mirip (atau bahkan identik) dengan Ide Gila yang Anda sampaikan. Tidak ada dalam syarat ketentuan ini yang melarang Pertamina atau Afiliasinya untuk mengembangkan produk, layanan, atau solusi yang mirip (atau bahkan identik) tersebut.
    6. Anda memahami bahwa di masa depan akan mungkin terdapat produk, layanan, solusi yang mirip dengan Ide Gila yang Anda sampaikan, dan Anda dengan ini setuju bahwa Anda tidak berhak atas kompensasi apapun yang timbul, dan untuk melepaskan semua klaim yang dihasilkan dari kesamaan antara Ide Gila yang Anda sampaikan dengan produk, solusi, atau layanan yang diberikan Pertamina dan atau Afiliasinya di masa depan.
    7. Anda memahami bahwa Pertamina dan atau Afiliasinya yang terlibat dalam kompetisi ini tidak dapat menjamin/mengontrol seluruh informasi yang telah ataupun akan Anda ungkapkan kepada pihak lainnya dalam maupun sebelum proses kompetisi ini.
    8. Anda setuju bahwa tidak ada dalam Syarat dan Ketentuan ini yang memberikan Anda hak atau lisensi untuk menggunakan nama Pertamina dan atau Afiliasinya
    9. Anda memahami bahwa tidak ada kompensasi apapun yang dijamin oleh Pertamina terkait keikutsertaan Anda pada kompetisi ini.
    10. Anda setuju bahwa Pertamina dan atau Afiliasinya dapat menyertakan nama Perusahaan Anda (jika Anda adalah peserta kategori Entitas Bisnis) terkait dengan kegiatan yang berkaitan dengan kompetisi ini
    11. Pertamina tidak menjamin bahwa setiap Ide Gila yang disampaikan akan diterima atau masuk dalam hubungan komersial atau hubungan rahasia lainnya dengan Pertamina.
    12. Terkait dengan pengajuan atas Hak atas Kekayaan Intelektual, atau paten, maka peserta harus melakukan pendafatarannya sendiri.

Sebelum submit #IdeGila, cari tahu apa itu NRE (New & Renewable Energy/Energi Terbarukan) di sini

SAATNYA
KAMU BERKARYAUNTUK BANGSA!

 

Pendaftaran ide ditutup pada
5 MARET 2017 PUKUL 23.59 WIB

 

Untuk contact center kami silahkan menghubungi :
[email protected]


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *